Azab Kubur Tukang Ghibah

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0831-9534-4214
Ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Akibat dari perbuatannya yang suka berbuat ghibah, maka kelak ia akan mendapat azab kubur. Di dalam kubur wajah dan dadanya akan tercabik-cabik oleh kukunya sendiri yang telah berubah menjadi kuku yang terbuat dari tembaga. Nauzu Billahi Minzalik.

Diantara perbuatan yang tampak sepele namun sangat dilarang dalam agama Islam adalh ghibah atau menggunjing. Ghibah adalah perbuatan seseorang yang gemar membicarakan kejelekan orang lain.

Perbuatan tersebut sering kali dilakukan seseorang, bahkan tanpa terasa dalam suatu percapakan.

Rasulullah Saw dalam sebuah riwayat bgeitu memperhatikan agar umatnya tidak melakukan ghibah.

Dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw bersabda, “ Tahukan kalian apa itu ghibah? Para sahabat menjawab, ‘Allah dan Rasulnya lebih mengetahuinya.’ Nabi Muhammad Saw berkata lagi, “Engkau membicarakan saudaramu dnegan sesuatu yang dia benci”.

Peringatan Rasul

Kemudian di antara sahabat ada yang bertany, “ Bagaimana oendapat Engkau jika padanya ada apa saya bicarakan?”

Beliau mennjawab, “ Jika ada padanya apa yang engkau bicarakan, maka engkau telah menghibahnya, dan jika tidak ada padanya apa yang engkau bocarakan, maka engkau berbuat buhtan terhadapnya

Orang yang suka berghibah termasuk golongan orang yang suka bermaksiat karena hal itu dapat mencemarkan nama baik seseorang. Allah SWT sangat melarang perbuatan itu. Namun bagi merka yang tetap melakukan ghibah tersebut, mereka akan mendapatkan siksa sebagai balasan atas perbuatannya itu, termasuk diantara adalah siksaan di alam kubur.

Sebagaimana digambarkan dalam hadis, mereka yang suka berghibahakan mendapatkan siksa kubur yang sangat pedih. Kelak mereka yang senang ghibah wajah dan dadanya akan tercabik-cabik oleh kuknya sendiri yang terbuat dari tembaga.

Wajah Tercabik-cabik

Dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik Ra disebutkan, Rasulullah Saw bersabda, “ Tatkala Rabbku memikrajkanku (menaikkan ke langit) aku melewati nenerapa kaum yang memiliki kuku dari tembaga, dalam keadaa merek mencabik-cabik wajah dan dada mereka dengan kukunya. Maka aku bertanya,’Siapakah mereka wahai Jibril?’ Dia menjawab,’ Mereka adalah orang-orang yang memakan daging (suka nebgghibah) dan menjatuhkan kehormatan manusia’,” (HR Ahmad dan Abu Daud).

Karena itu, Rasulullah Saw selalu mengingatkan umatnya agar senantiasa berhati-hati dalam bertutur kata agr tidak terjerums dalam perbuatan ghubah. Sebab belum tentu orang yang suka membicarakan kejelekan orang lain lebih baik dari pada mereka.

Sebagaimana diceritakan dalam sebuah riwayat, “Ibnu Mas’udpernah membuka betisnya dan tampak kecil sekali. Maka tertawalah sebagian orang. Lantas Rasulullah Saw bersabda, “Apakah kamu menertawakan betis Ibnu Mas’ud? Demi Allah yang diriku dalam kekuasaan-Nya bahwa kedua betis itu timbangannya lebih berat daripada Gunung Uhud,” (HR Ahmad).

Dalam Alquran, Allah SWT juga telah menegaskan, : Janganlah kalian mengunjingkan satu sama lain. Apakah salah seorang dari kalian suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Bertakwalah kalian kepada ALLH. SESUNGGUHNYA allah itu Tawwab (Maha Penerima Tobat) lagi Rahim (Maha Menyampaikan Rahmat),” (QS Al Hujurat:12).

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0831-9534-4214, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY