Dahsyatnya Shalawat Di Hari Jumat

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0831-9534-4214
Ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Hari Jumat termasuk hari yang mulia. Lebih-lebih di hari istimewa itu kita memperbanyak shalawat kepada baginda Nabi SAW. Bershalawat kepada Nabi menghadirkan syafaat dari Rasulullah SAw di hari kiamat kelak.

Secara umum kita semua tahu keutamaan shalawat. Dari 'Abdullah bin 'Amr Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa'atku pada hari kiamat nanti," (Shohih oleh Syaikh Al Albani).

Bahkan pelipat gandaan pahala bagi siapa saja yang mau bershalawat. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali," (HR. Muslim).

Tentu saja jenis shalawat bermacam-macam. Salah satu yang pendek yang mudah kita amalkan, "Dari Zaid bin Abdullah berkata bahwa sesungguhnya mereka dianjurkan mengucapkan, "Allahumma sholli'ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi. (Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi)."

Bisa juga yang agak lengkap lagi, dalam riwayat Bukhari terdapat lafazh shalawat sebagai berikut, "Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad kama shollaita 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim, inna hamidum majid. Allahuma barik 'alla Muhammad wa 'ala ali Muhammad kama barokta 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim, innaka hamidum majid." (Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Muhammad dan kerabatnya karena Engkau memberi keberkahan kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia).

DEKAT DENGAN NABI

Lebih-lebih kita memperbanyak shalawat di hari Jumat, tentu keutamaannya akan lebih dahsyat. Dengan bershalawat, kita akan dekat dengan Nabi di hari kiamat nanti. Rasulullah Saw bersabda, "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum'at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum'at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi).

Dalam riwayat yang lain pun dijelaskan, "Sesungguhnya hari yang paling utama bagi-bagi kamu semua adalah hari Jum'at. Maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari itu karena sesungguhnya bacaan shalawatmu itu diperlihatkan kepadaku. Para sahabat bertanya wahai Rasulullah, bagaimana bacaan shalawat kami diperlihatkan kepada tuan, sedangkan jasad tuan telah bercampur dengan tanah? Beliau Rasulullah bersabda sesungguhnya Allah mengharamkan kepada bumi untuk memakan jasad para nabi. (HR. Abu Daud dari Aus bin Aus).

"Mudah-mudahan kita dimudahkan untuk senantiasa bershalawat kepada Nabi SAW setiap hari, lebih-lebih di hari Jumat.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0831-9534-4214, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY