Dilempar Ke Bara Api, Mualaf Kebal

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0831-9534-4214
Ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Dzu'aib bin Kilab langsung memeluk Islam ketika mendengar dakwah dari Rasulullah SAW. Berbagai siksaan dialaminya dari kaum kafir Quraisy. Namun ia tetap memegang teguh keimanannya kepada Allah SWT hingga ia mendapatkan karomah. Ketika tubuhnya dilempar ke bara api, mualaf ini tetap sehat dan bugar.

Ketika iman sudah tertancap kuat didada, berapa pun berat siksaan fisik pun tiada arti. Itulah yang dirasakan Dzu'aib bin Kilab. Padahal sebelumnya ia sama sekali tidak mengenal Islam. Tapi ketika ia mendengar tentang Islam dan aneka cerita tentang sosok dan pribadi dan akhlak Rasulullah SAW, ia akhirnya rela masuk Islam.

Anak laki-laki dari Kilab bin Rabi'ah al-Khaulani ini menjadi penduduk Yaman pertama yang masuk Islam.

RELA DISIKSA

Tapi apa yang terjadi, kepindahannya jadi orang Islam menimbulkan masalah besar. Seorang yang bernama Aswad Al Ansi, seorang ilmuwan yang menobatkan diri sebagai nabi pengganti Rasulullah yang khusus menguasai Shan'a ibukota Yaman. Berbagai upaya dilakukan ASwad Al Ansi untuk mengembalikan Dzu'aib bin Kilab kepada keyakinannya semula.

Tapi dengan keteguhan hati, Dzu'aib tidak mau mengakui Aswad. Ia yakin dia adalah nabi palsu. Tapi penolakannya itu berubah kecaman dan ancaman, ia akan menerima hukuman. Ia pun dipanggil menghadap Aswad.

"Kenapa engkau tidak mempercayaiku, aku juga nabimu," tegur Aswad.

"Aku tidak melihat tanda-tanda kenabian (akhlak yang mulia) pada dirimu," jawab Dzu'aib lantang.

Mendapat jawaban itu, ASwad begitu marah dan berteriak lantang, "Ha Dzu'aib, apakah kamu sadar apa yang kamu katakan itu?"

Subhanallah, di luar dugaan, Dzu'aib tetap tegar dengan pendiriannya.

"Tak ada yang perlu aku takuti, aku tetap beriman pada Allah dan Muhammad Rasulullah," jawab Dzu'aib bangga.

Suasana jadi tegang, Aswad pun mengancam akan membunuh Dzu'aib.

"Apakah engkau tidak takut jika tubuhmu kami lempar ke bara api itu," ucap Aswad menggertak.

Tapi dengan keberanian yang luar biasa, Dzu'aib justru tersenyum seraya berseru, "aku minta izin, mau berdoa dulu kepada Allah SWT."

Dialog tawar menawar akidah itu pun berakhir buntu. Dzu'aib tetap bersikukuh bahwa Aswad bukanlah nabi melainkan pendusta alias nabi palsu.

SEPERTI NABI IBRAHIM

Akhirnya Aswad menyuruh beberapa prajuritnya untuk melempar Dzu'aib ke dalam bara api yang disebutnya sebagai neraka. Rupanya Aswad sudah menyiapkannya untuk Dzu'aib. Dengan kepasrahan yang tinggi, Dzu'aib menjalani hukuman. Tapi aneh, begitu ia dilempar, semua mata terbelalak.

Seperti layaknya menyaksikan kisah Nabi Ibrahim yang kebal api, begitu juga tubuh Dzu'aib. Seolah dingin di tengah kobaran api, tubuhnya tak terbakar sedikitpun. Kisah tersebut diceritakan oleh Ibnu Wahab dari Ibnu Lahi'ah dalam kitab Al shahabat.

Dalam versi lain diceritakan bahwa ada seorang laki-laki bernama Dzu'aib bin Kilap dari Khaulan masuk Islam, tetapi kaumnya menghendakinya kafir lagi, maka mereka memasukkannya ke dalam api, tetapi ia tidak terbakar, kecuali anggota badan yang tidak terkena wudu. Dzu'aib itu kemudian menemui Abu Bakar seraya berkata, "Tolong mintakan ampun untukku," ujar Dzu'aib.

"Engkau lebih patut memintanya sendiri karena engkau pernah dilemparkan ke dalam api tetapi tidak terbakar," jawab Abu Bakar

Kemudian Dzu'aib meminta ampun kepada Allah. Lalu ia pergi ke Syam. Penduduk Yaman dan Syam kemudian menyamakan Dzu'aib dengan Nabi Ibrahim AS. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu mukjizat Nabi Ibrahim adalah tidak terasa panas dan tidak terbakar meskipun dilempar ke bara api yang sangat panas untuk menetapkan keimanannya. Kisah tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Asakir dari Abu Basyir Ja'far bin Abi Wahsyiyyah.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0831-9534-4214, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY