Iblis Membenci Manusia Dermawan

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0857-4376-2477
Ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Iblis menggolongkan manusia pada beberapa golongan. Dari beberapa golongan tersebut, ternyata iblis sangat membenci orang yang dermawan dan selalu beristigfar. Namun, ia sangat menyukai manusia bakhil, yang akan dengan mudahnya dapat tergoda.

Suatu saat, iblis menampakkan diri kepada anak Nabi Zakaria, yakni Nabi Yahya As. Kepada Nabi yahya, Iblis menceritakan tiga kategori anak cucu Adam.

Abdullah bin Muhammad bin Ubad telah meriwayatkan dengan isnadnya dari Wuhaib bin Ward dalam Kitab Aakaamul Marjan. Abdullah berkata bahwa suatu saat iblis menampakkan diri kepada Nabi yahya bin Zakaria. "Sungguh aku akan menasihatimu," ujar iblis kala itu.

"Bohong engkau laknatullah. engkau tidak akan menasihatiku, tetapi kabarkanlah kepadaku tentang anak cucu Nabi Adam As," ucap Nabi Yahya.

"Wahai kekasih Allah, bagiku anak cucu Adam itu ada tiga golongan," ujar iblis.

"Ceritakanlah kepadaku," tutur Nabi Yahya lagi.

Iblis kemudian bercerita, yang pertama adalah golongan umat yang melonggarkan waktu untuk istigfar dan bertobat. Golongan tersebutyang paling berat dan paling sulit dipengaruhi oleh iblis.

"Kami telah betul-betul berusaha kuat untuk menggodanya, tetapi mereka merusak segala upaya kami dengan beristigfar dan bertobat. Kami mengulangi lagi, tetapi mereka juga mengulangi istigfar dan tobat. Kami tidak putus asa, tetapi tidak mendapatkan tujuan kami padahal telah bersusah payah," ujar iblis sedih.

"Kemudian bagaimana dengan golongan yang kedua?" tanya Nabi Yahya.

TIGA GOLONGAN

Iblis kemudian menjelaskan bahwa golongan anak cucu Adam yang kedua adalah orang yang lalai atas perintah Allah. "Mereka itu di tangan-tangan kami seperti bola di tangan anak-anak kalian, kami menyambar dengan cepat sekehendak kami. Sungguh kami telah menguasai mereka," ujar iblis lagi.

"Kemudian, bagaimana dengan golongan yang ketiga?" tanya Nabi Yahya lagi.

"Golongan yang ketiga itu adalah orang-orang sepertimu yang ma'sum (terjaga dari kesalahan), kami tidak berkuasa sama sekali," terang iblis.

"Apakah engkau juga tidak berkuasa atas aku?" tutur Nabi Yahya.

"Tidak, kecuali satu kali, yaitu kamu mendatangi makanan, kamu memakannya, kami tidak henti-hentinya menyenangkan kamu makan sehingga kamu makan di luar kebutuhan, maka malam itu kamu tidur nyenyak dan tidak shalat malam seperti biasanya," jelas iblis dengan rinci.

"Tidak diragukan lagi iblis, aku tidak akan kenyang karena makanan selamanya," jawab Nabi Yahya.

"Sudah tentu aku tidak menasihati anak-cucu Adam sesudahmu," kata iblis.

BENCI SI DERMAWAN

Dalam riwayat lain dalam kitab Aakaamul Marjan juga dijelaskan melalui Ibn Abi Dunnya dengan sanadnya dari Abdillah bin Khuaibiq. Ketika iblis bertemu Nabi Yahya As, "Hai iblis, kabarkanlah kepadaku manusia yang paling kamu senangi dan manusia yang paling kamu benci," tutur Nabi Yahya

"Manusia yang paling kusenangi adalah mukmin yang bakhil dan manusia yang paling aku benci dari mereka adalah orang yang dermawan," jelas iblis.

"Kenapa begitu? Katakan iblis," ujar Nabi Yahya lagi.

"Karena orang yang bakhil itu, bakhilnya mencukupi kepadaku (untuk menyesatkannya) dan orang yang dermawan itu, aku khawatir Allah memperlihatkan kedermawanannya lantas menerimanya," jelas iblis sekali lagi.

Setelah menjelaskanhal itu, iblis pergi.

"Andai bukan karena engkau, wahai Nabi Yahya, aku tidak mengabarkannya," jelas iblis.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0857-4376-2477, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY