Imam Shalat Wanita Pilihan Rasulullah

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0831-9534-4214
Ummu Waraqah (Source)
Berbagi Bersama Mas Ifan - Ummu Waraqah, seorang wanita yang mempunyai suara bagus dalam melantunkan ayat-ayat suci Alquran, membuat Nabi Muhammad Saw senang. Karena itulah, dia dipilih oleh Rasulullah Saw untuk menjadi imam shalat wanita pertama.

Ummu Waraqah adalah putri Abdullah bin Al Harits bin Uwaimir bin Naufal, seorang wanita Anshar yang dikenal dengan panggilan Ummu Waraqah binti Abdullah.

Kadang ia juga dipanggil dengan sebutan Ummu Waraqah binti Naufal yang dinisbatkan kepada kakeknya yang agung. Dia termasuk wanita yang terhormat dan mulia pada masanya.

Rasulullah Saw sering mengunjunginya dan memberinya gelar "Syahidah". Gelar ini diberikan kepadanya karena semangat dan keinginannya yang kuat, serta hasratnya yang tinggi untuk mati fii sabilillah demi meninggikan agama Allah SWT.

Juga untuk meraih pahala jihad seandainya ia tidak terhalang untuk turut berjihad bersama kaum laki-laki.

Ketika Nabi Saw hendak berangkat dalam Perang Badar, Ummu Waraqah berkata, "Wahai Rasulullah, izinkanlah aku keluar bersama kalian untuk mengobati pasukan yang terluka dan merawat mereka yang sakit. Mudah-mudahan dengan cara begitu Allah SWT berkenan mengaruniakan mati syahid kepadaku."

Tak lama kemudian Rasulullah Saw bersabda kepadanya, "Sesungguhnya Allah akan mengaruniakan kepadamu mati syahid. Oleh karena itu, tetaplah berada di rumahmu, karena sesungguhnya kamu adalah seorang syahidah."

Ummu Waraqah adalah seorang wnaita yang banyak menghafal Alquran dan mempunyai bacaan yang bagus. Karena itu, Nabi Saw menyuruhnya menjadi imam shalat berjamaah bagi anggota keluarganya dan mengangkat seorang muazin untuknya.

Diriwayatkan dalam Al Musnad dan As Sunan dari Abdur Rahman bin Khallad, dari Ummu Waraqah, Rasulullah Saw pernah berkunjung ke rumahnya (Ummu Waraqah). Beliau lalu menunjuk seseorang menjadi muazin yang bertugas mengumandangkan azan setiap akan melaksanakan shalat. Abdur Rahman berkata, "Aku melihat muazinnya seorang laki-laki tua."

MENYEBARKAN ISLAM

Dengan demikian, rumah Ummu Waraqah menjadi salah satu dari rumah Allah SWT yang di dalamnya didirikan shalat lima waktu. Betapa gembiranya seorang wanita mukminah seperti Ummu Waraqah ini. Seluruh hari-hari kehidupannya selalu diisi dengan usaha untuk menegakkan syiar agama Allah.

Namun, semua itu berakhir ketika seorang budak pria dan wanitanya telah menyekap mulut dan hidungnya dengan sehelai kain hingga meninggal.

Pada pagi harinya, "Ummu bin Khathathab berkata kepada orang-orang, "Demi Allah,semalam aku tidak mendengar bibiku membaca Alquran."

Umar pun masuk ke rumahnya. Namun, dia tidak melihat siapa-siapa. Ketika Umar menuju ke ruang dalam, tiba-tiba ia melihat tubuh Ummu Waraqah tergeletak dengan mulut dan hidung tersekap sehelai kain. Umar lantas berseru, "Sesungguhnya benar apa yang pernah dikatakan Rasulullah. Marilah kita berkunjung ke rumah Asy Syahidah (Ummu Waraqah)."

Umar kemudian naik ke atas mimbar dan menceritakan peristiwa yang terjadi, lalu berkata, "Datangkan kepadaku dua budak itu!"

Setelah kedua budak tersebut didatangkan, Umar pun mengintrogasi mereka. Mereka pun mengaku telah membunuh Ummu Waraqah. lalu kedua budak itu menjadi orang pertama yang disalib di Madinah.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0831-9534-4214, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY