Meluluhkan Gubernur Zalim Dengan Ketenangan

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0857-4376-2477
Ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Seorang gubernur yang congkak dan semena-mena akhirnya luluh oleh teguran seorang ulama. Hasan Al Basri, dialah ulama yang dengan tenang dan takut sama sekali menghadapi gubernur yang lalim itu. Namun, justru karena ketenangannya itu gubernur tersebut bertobat dan menyadari kesalahannya.

Dahulu kala, di Irak ada gubernur zalim yang memerintah dengan diktator. Al Hajaj Aststsaqofi, ia memerintah daerah di Irak selama bertahun-tahun.

Pada masa itu pula, di Irak ada seorang ulama terkenal. Ia adalah Hasan Al Basri. Dari cerita para tamu yang berkunjung ke rumahnya, Hasan mengetahui bahwa Al Hajaj Aststsaqofi telah menzalimi rakyat Iraq. Hasan Al Basri kemudian tampil untuk mengkritik dan mengingatkan kediktatoran Al Hajaj.

DITEGUR ULAMA

Saat itu tengah diadakan peresmian istana Al Hajaj di tepian Kota Basrah. Istana itu dibangun dari hasil keringat rakyat dan kini rakyat diundang untuk menyaksikan peresmiannya. Saat itu muncullah Hasan Al Basri menyuarakan kritiknya terhadap Al Hajaj.

"Kita telah melihat apa-apa yang telah dibangun oleh Al hajaj. Kita juga telah mengetahui bahwa Fir'aun membangun istana yang lebih indah dan lebih megah dari istana ini. Tetapi, Allah menghancurkan istana itu karena kedurhakaan dan kesombongannya," kata Hasan di tengah-tengah kerumunan para pejabat.

Kritik itu berlangsung cukup lama. Beberapa orang mulai cemas dan berbisik kepada Hasan Al Basri.

"Ya Abu Sa'id cukupkanlah kritikmu, cukupkanlah," kata seorang warga yang khawatir terhadap keselamatan ulama terkenal itu.

"Tidak, sungguh Allah telah mengambil janji dari orang-orang yang berilmu, supaya menerangkan kebenaran kepada manusia dan tidak menyembunyikannya," jawab Hasan Albasri

Akhirnya Al Hajaj mendengar kritik tajam tersebut. Mukanya memerah, tangannya bergetar seperti orang yang menahan amarah. Kemudian Al Hajaj memukul para ajudannya. "Celakalah kalian," cacinya berang, "Ada apa, wahai Baginda," tanya ajudannya polos.

"Mengapa kalian biarkan budak dari Basrah itu mencaci maki dan bicara seenaknya? Dan, tak seorang pun dari kalian mencegahnya? Tangkap dia, hadapkan kepadaku," gertak Al Hajaj Aststsaqofi sambil mengepalkan tangannya.

KETENANGAN YANG MELULUHKAN

Suara keras Al Hajaj Aststsaqofi sontak mengagetkan semua yang hadir. Semua mata tertuju kepada sang Imam dengan hati bergetar. Hasan Al Basri berdiri tegak dan tenang menghadapi Al Hajaj bersama puluhan polisi dan algojonya. Sungguh luar biasa ketenangan Hasan. Dengan keagungan seorang mukmin, ia hadapi sang gubernur dengan tenang.

Melihat ketenangan Hasan Al Basri, seketika kecongkakan Al Hajaj sirna. Kesombongan dan kebengisannya hilang. ia langsung menyambut Hasan Al Basri dan berkata lembut, "Kemarilah ya Abu Sa'id," pinta Al Hajaj.

Ulama itu mendekatinya dan duduk berdampingan. Semua mata memandang dengan kagum. Mulailah Al Hajaj menanyakan berbagai masalah agama kepada sang imam dan dijawab oleh Hasan Al Basri dengan bahasa yang lembut dan mempesona.

Semua pertanyaannya di jawab dengan tuntas. Hasan Al Basri dipersilahkan untuk pulang. Usai pertemuan itu, seorang pengawal Al Hajaj bertanya, "Wahai Abu Sa'id, sungguh aku melihat Anda mengucapkan sesuatu ketika hendak berhadapan dengan Al Hajaj. Apakah sesungguhnya kalimat yang Anda baca itu?" tanyanya.

"Saat itu kubuaca, ya Wali dan Pelindungku dalam kesusahan. jadikanlah hukuman Al Hajaj sejak dan keselamatan buatku, sebagaimana Engaku telah jadikan api sejuk dan menyelamatkan Ibrahim," kata ulama tersebut.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0857-4376-2477, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY