Nasihat Nabi Khidir Sadarkan Raja Sombong

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0857-4376-2477
ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Di dalam kitab Takzirat Al Aulia karya Farid Ad Din Attar, diceritakan kisah pertobatan Ibrahim bin Adham sehingga menjadi seorang ulama sufi yang terkenal.

Salah satu kisahnya tentang kehadiran Nabi Khidir yang menyamar untuk menyadarkannya agar jangan sombong dengan kekuasaannya sebagai raja. Berikut kisahnya.

Sebelum menjadi ulama sufi, dulunya Ibrahim bin Adham adalah seorang raja yang sangat luas wilayah kekuasaannya. Ia begitu menyombongkan kekuasaannya hingga pada suatu hari ditegur oleh Nabi Khidir As.

Dikisahkan,  seperti kebiasannya, setiap siang Ibrahim bin Adham berada di atas singgasananya untuk mendengar pengaduan dan masalah dari para rakyatnya. Tetapi hari itu keadaannya sungguh lain dari biasanya.

Di siang itu, para menteri pembesar istana dan rakyat yang hadir merasa heran melihat perubahan yang terjadi dengan tiba-tiba kepada raja mereka. Tiba-tiba masuk seorang lelaki berwajah menakutkan ke dalam ruangan perjumpaan itu.

Tidak seorang pun di antara prajurit kerajaan dan pengawal istana yang berani menanyakan sesuatu atau menghalanginya masuk.

LAKI-LAKI MISTERIUS

Kejadiannya begitu cepat dan tak ada yang mencegahnya. Laki-laki lusuh itu pun menghadap Raja Ibrahim bin Adham.

"Apakah yang engkau inginkan dariku?" tanya Ibrahim.

"Aku baru saja sampai, berilah kesempatan bagiku untuk beristirahat sejenak," jawab lelaki itu.

"Ini bukan tempat persinggahan kafilah. Ini istanaku. Perilakumu seperti orang gila saja!" cacar Ibrahim dengan nada tinggi.

Namun laki-laki lusuh itu tak tinggal diam. ia malah bertanya balik, "Siapa pemilik istana ini sebelum engkau?"

"Ayahku," jawab Ibrahim pendek.

"Sebelum ayahmu?" tanya tamu itu lagi.

"Kakekku," jawab Ibrahim mulai kesal.

"Sebelum kakekmu, siapa pemiliknya?" ujar laki-laki lusuh itu lagi.

Dengan nada emosi, Ibrahim bin Adham menjawab, "ini adalah warisan dari keluarga kakekku".

"Ke manakah mereka sekarang ini?" tanya lelaki itu tak menunjukkan rasa takut.

"Mereka telah meninggalkan dunia ini", jawab Ibrahim

"Jika demikian, tidakkah ini sebuah persinggahan yang diduduki oleh seseorang kemudian ditinggalkannya dan diganti oleh yang lain pula?" jelas laki-laki itu.

BERTOBAT

Mendengar penjelasan itu, Ibrahim bin Adham tersentak. Namun belum sempat Ibrahim menjawab, laki-laki itu mengundur ke belakang dan tiba-tiba gaib di tengah orang ramai.

banyak para alim ulama membuat tafsiran sesungguhnya lelaki itu adalah nabi khidir AS yang sengaja datang mengetuk hati Raja Ibrahim bin Adham yang semakin lalai dengan tipu daya dunia.

Berangkat dari peristiwa itu, Ibrahim bin Adham mulai meninggalkan duniawinya. Dengan sepenuh hati Ibrahim bertobat kepada Allah SWT.

Ibrahim bin Adham kemudian meninggalkan istananya. Dengan berjalan kaki, Ibrahim mengembara merentasi gunung dan menyusuri padang pasir yang luas sambil menginsafi dosa-dosa yang pernah dilakukannya.

Akhirnya sampailah baginda di sebuah gua. ia akhirnya menyendiri dan berkhalwat di dalam gua selama sembilan tahun. Selama di dalam gua itulah Ibrahim betul-betul mengabadikan dirinya kepada Allah SWT.

Setiap Kamis, baginda ke pasar untuk menjual kayu. Setelah shalat Jumat, ia pergi membeli roti dengan uang yang diperolehinya.

Roti itu separuh diberikan kepada pengemis dan separuh lagi untuk berbuka puasa. Demikianlah yang dilakukan setiap minggu sehingga ia menjadi salah satu tokoh sufi yang terkenal. Ibrahim bin Adham meninggal dunia pada tahun 165H/782M di negeri Persia.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0857-4376-2477, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY