Olahraga Sehat Favorit Rasulullah

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0831-9534-4214
Ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Sungguh telah ada teladan yang baik dari Rasulullah Saw dalam setiap aspek kehidupan, termasuk olahraga. Rasulullah Saw menganjurkan anak-anak agar dididik memanah, berenang dan berkuda.

Rasulullah Muhammad Saw tahu betul kebutuhan umatnya. Bukan hanya memberikan contoh dalam ibadah saja, untuk urusan olahraga dan perlombaan pun ada contohnya.

Bahkan beberapa olahraga tersebut sangat tepat untuk kita ajarkan untuk anak-anak kita. Berikut olahraga yang dilakukan oleh Rasulullah Saw.

BERKUDA

Berkuda ternyata menjadi salah satu olahraga favorit Rasulullah Saw. Rasulullah bersabda, "Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah," (HR Bukhari-Muslim).

Bahkan pada masa itu Rasulullah Saw menyelenggarakan lomba berkuda dan memberikan hadiah. Dari Ibnu Umar Ra, dia berkata, "Rasulullah Saw telah mengadakan perlombaan antara kuda yang telah dikuruskan, maka beliau melepaskannya dari Lembah Wada' dengan jarak antara enam atau tujuh mil dan beliau juga mengadakan perlombaan antara kuda yang belum dikuruskan (gemuk), dan juga dilepas dari lembah Wada' dengan jarak Masjid Bani Raziiq sekitar satu mil atau semisalnya dan Ibnu Umar adalah yang memenangkan perlombaan itu," (HR Bukhari).

Nabi Saw bersabda, "Tiap-tiap sesuatu yang bukan zikrullah berarti permainan dan kelalaian, kecuali empat perkara, yaitu seorang laki-laki bermain-main dengan istrinya, seseorang yang mendidik kudanya, seorang laki-laki yang berjalan antara dua sasaran untuk memanah dan seseorang yang belajar memanah," (HR An Nassa'i).

BERENANG

Olahraga yang menyehatkan berikut sesuai sunah nabi adalah berenang. Lagi-lagi merujuk hadis, "Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah," (HR Bukhari - Muslim).

Kini berenang merupakan salah satu olahraga yang digemari di masa globalisasi ini. Dengan berenang, kita dapat mendapatkan manfaat, yaitu, memperkuat seluruh otot kita sehingga kita tidak akan mudah lelah, melatih sistem pernapasan, dan kita harus bersyukur karena kisa masih diberi napas oleh Allah SWT.

MEMANAH

Olahraga berikutnya yang disebutkan oleh rasulullah Saw adalah memanah. Ini satu paket dengan berkuda, "Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah," (Shahih Bukhari - Muslim).

Di dalam hadis lain juga di jelaskan, "Kamu harus memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu," (HR Bazzar dan Thabrani).

BERBURU

Adi bin Hatim Ra, ia berkata,"Aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku melepas anjing-anjing pemburu yang terlatih lalu anjing-anjing itu pun menangkap buruan untukku dan aku sudah membaca bismillah?' Beliau menjawab, 'Apabila kamu melepas anjingmu yang terlatih sambil menyebut nama Allah atasnya, maka makanlah!' Aku bertanya lagi, 'Meskipun anjing itu membunuhnya?' Rasulullah menjawab, 'Walaupun anjing itu sudah membunuhnya, selama tidak ada anjing lain yang menyertainya,' Aku bertanya lagi, 'Sesungguhnya aku menombak hewan buruan dan berhasil mengenainya?' Beliau menjawab, 'Apabila kamu menombaknya, lalu menembus tubuhnya, maka makanlah. Tapi jika tombak itu mengenai dengan bagian sampingnya, maka janganlah memakannya'," (Sahih Muslim).

ANGGAR

Abu Hurairah Ra, ia berkata, "Ketika orang-orang Habasyah sedang bermain anggar di hadapan Nabi Saw, tiba-tiba Umar masuk kemudian mengambil kerikil dan melemparkannya kepada mereka. Kemudian Rasulullah Saw berkata kepada Umar, 'Biarkanlah mereka itu, wahai Umar'," (HR Bukhari dan Muslim).

LARI

Olahraga lari pun dilakukan Rasulullah Saw. Aisyah pernah berlomba lari bersama Rasul Saw tanpa adanya taruhan. "Dari Aisyah Ra, beliau menceritakan bahwa ia pernah bersama Nabi Saw dalam safar. Aisyah lantas berlomba lari bersama beliau dan ia mengalahkan Nabi Saw. Tatkala Aisyah sudah bertambah gemuk, ia berlomba lari lagi bersama Rasul Saw, namun kala itu ia kalah. Lantas Nabi Saw bersaba, 'Ini balasan untuk kekalahanku dahulu'," (HR Abu Daud dan Ahmad).

GULAT

Ada satu lagi olahraga yang pernah dilakukan oleh Rasulullah Saw, yakni gulat. Sebagaimana diriwayatkan Abu Daud.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0831-9534-4214, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY