Sehari Masuk Islam, Wafat Husnul Khatimah

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0857-4376-2477
ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Kematian yang husnul khatimah dirasakan oelh Amr bin Tsabit. Meski baru sehari memluk Islam dan meninggal dunia, namun ia telah dijamin masuk surga. Ia meninggal dunisa saat turt serta dalam Perang Uhud.

Allah maha pengampun kepada setiaporang yang benar-benar bertobat, meskipun selama hidupnya banyak melakukan pengingkaran terhadap Allah SWT. Seperti yang dialami oleh sahabat yang bernama Amr bin Tsabit.

Sebagian besar hidup Amr telah mendustakan Rasulullah Saw. Sebenarnya Amr bin Tsabit tidak mau memeluk Islam karena takut kepada kaumnya. Pada saat itu memang banyak yang memeluk Islam mendapatkan siksaan dari kaum kafir yang berkuasa.

Tetapi, ketika Nabi Muhammad Saw dan para sahabat tengan berperang di Uhud, tiba-tiba saja menguatkan hati Amr bin Tsabit untuk memeluk Islam. Segera malam itu ia mengucap Syahadat, lalu menambil pedang dan tunggangannya.

Tragedi Perang Uhud

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali ia melesat ke Uhud. Sesampainya di sana ia langsung menerjunkan diri dalam perang Uhud. Ia bergabung bersama pasukan muslim untuk berperang melawan kaum kafir.

Saat Perang Uhud sedang berkecamuk, Amr maju ke medan perang dengan gagah berani. Ia cukup piawai memainkan pedangnya hingga mampu membunuh beberapa tentara kafir. Namun saat ia sidkit lengah, tubuhnya terkena sabetan pedang musuh.

Dalam kondisi terluka, Amr tetap menunjukkan keberaniannya. Akan tetapi karena terluka dan banyak kehilangan darah, tubuhnya menjadi lemas dan ambruk. Ketika perang usai, beberapa lelaki dari Bani Abdul Asyhal mencari korban dari kaumnya. Mereka kaget menemukan Amr bin Tsabit yang telah sekarat.

Mereka berkata, “ Demi Allah, dia adalah Amr bin Tsabit. Apakah yang menyebabkan dia kemari? Kami telah meninggalkannya karena ia tidak mau memeluk Islam”.

Mencintai Rasulullah

Mereka pun menanyakan hal tersebut kepada Amr bin Tsabit. “ Apakah yang membuatmudatang kemri dan membela agama Islam/ apakah karena kasihan pada kaum kabilahmu ataukah karena kau ingin masuk Islam?’ tanya seorang pasukan muslim

“ Aku kemari karena rasa cinta kepada Islam. Aku telah beriman kepada ALLAH DAN Rasul-Nya dan memeluk Islam. Kemudian berangkatlah kemari untuk menyertai Rasulullah Saw berjuang, hingga keadaanku seperti ini,” jawab Amr dengan tertatih dan napas yang terputus-putus.

Tak lama kemudian ia wafat. Amr bin Tsabit sukses melewati sakaratul mau dengan kematian yang shahid. Ia meninggal dunia dengan husnul khatimah (akhir hidup yang baik).

Kemudian kabar wafatnya Amr bin Tsabit telah sampai kepada telinga Rasulullah Saw. Rasulullah Saw pun langsung memberikan kabr kepada para sahabat bahwa Amr bin Tsabit termasuk salah seorang yang ahli surga.

“Sungguh ia adalah ahli surga,” terang Rasulullah Saw.

Amr bin Tsabit dijamin masuk surga sekelipun ketika ia baru sehari memeluk Islam dan belum pernah sujud kepada Allah. Ia hanya mengikutipeperangan untuk membela Rasulullah Saw.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0857-4376-2477, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY