Syarat Tobat Dosa Dengan Manusia

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.
Ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Setiap kita tentu pernah jatuh dalam perbuatan dosa. Untuk itulah kita harus senantiasa bertobat dengan sebenar-benarnya tobat, yakni tobat nasuha. "Sesungguhnya Allah menerima taubat hamba-Nya selama nyawa belum sampai ke tenggorokan," (Riwayat Ahmad).

Jika kesalahan itu kepada Allah; syaratnya cukup menyesali dosa-dosa, berniat sungguh-sungguh tidak akan mengulangi lagi perkara-perkara yang menjadi larangan Allah itu, dan ketiga meninggalkan perkara-perkara yang mendatangkan dosa baik besar atau dosa kecil.

Tapi, jika kesalahan itu terkait dengan sesama manusia, prosedurnya cukup rumit. Syarat-syarat tobat yang mesti ditempuhi :

1. MENYESAL

Menyesal sungguh-sungguh di atas segala kesalahan yang dibuat terhadap orang lain itu. Benar-benar terasa di hati perasaan sedih, dukacita dan rasa tidak patut berbuat begitu.

2. STOP BERBUAT DOSA

Meninggalkan terus perkara-perkara yang mendatangkan dosa dengan manusia.

3. TIDAK MENGULANGI

Berazam bersungguh-sungguh untuk tidak mengulangi perkara-perkara yang mendatangkan dosa yang ada hubungan dengan manusia itu.

4. MEMINTA MAAF DAN MENGGANTI

Meminta maaf atau meminta redha (halal) kepada orang yang kita telah berbuat dosa terhadapnya atau bayar semula ganti rugi atau pulangkan barang yang telah diambil.