5 Amalan Membuka Pintu Rezeki

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0857-4376-2477
ilustrasi ( Source )
Berbagi Bersama Mas Ifan - Rezeki kita adalah bagian dari pemberian Allah SWT. Kewenangan kita sebatas berusaha semaksimal mungkin. Tentu usaha itu tak hanya bekerja, melainkan juga ibadah kepada Allah SWT.

Sungguh Allah SWT sangat senang kepada hamba-Nya yang sibuk dengan upayanya, baik lahi rmaupun batin untuk mencari karunia rejeki-Nya.

Tentu tak sebatas usaha dalam bentuk bekerja, melainkan juga semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan beragam ibadah dan kebaikan.

Berikut ini lima amalan membuka pintu rejeki :

ISTIQOMAH IBADAH

Allah tidak sia-siakan pengabdian diri hamba-Nya, seperti firman-Nya dalam Hadis Qudsi: "Wahai anak Adam, sempatkanlah untuk menyembah-Ku, maka Aku akan membuat hatimu kaya dan menutup kefakiranmu. Jika tidak melakukannya maka Aku akan penuhi tanganmu dengan kesibukan, dan Aku tidak menutup kefakiranmu. (HR. Ahmad, Tirmizi, Ibnu Majah dan al-Hakim dari Abu Hurairah ra).

PERBANYAK ISTIGHFAR

Loh, apa hubungannya istighfar dengan rejeki? Tentu saja sangat terkait. Sebab istighfar adalah rintihan dan pengakuan dosa kita di depan Allah, yang menjadi sebab Allah merasa sayang pada hamba-Nya, lalu Allah berkenan melapangkan jiwa dan kehidupan dari hamba yang meminta.

Rasulullah SAW menjamin hal itu dalam sabdanya, "Barang siapa memperbanyak istighfar, maka Allah SWT akan menghapuskan segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka." (HR. Ahmad, Abu Daud, an-Nasa'i, Ibnu Majah dan al-Hakim dari Abdullah bin Abbas ra.).

STOP DOSA

Kaitan amal berikutnya adalah jauhi dosa. Sebab doa kita tentu akan bermasalah jika kita masih berbuat dosa. Dosa bukan saja membuat hati menjadi resah, namun juga akan menutup pintu rezeki. Sabda Nabi Muhammad SAW," ... dan seorang lelaki akan diharamkan baginya rezeki karena dosa yang diperbuatnya," (HR. at-Tirmizi).

Bukan hanya dosa-dosa besar, dosa yang terkategorikan dosa kecil, seperti mengumpat, berburuk sangka, memandang rendah keadaan orang lain dan sejenisnya pun harus kita tinggalkan.

BIRRUL WALIDAIN

Amalam berikutnya adalah birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua). Dalam hadis riwayat dari Imam Ahmad, Nabi Muhammad SAW berpesan, agar siapa yang ingin panjang umur dan ditambahkan rezekinya, hendaklah berbakti kepada ibu bapaknya dan menyambung tali kekeluargaan.

Nabi Muhammad SAW juga bersabda: "Siapa berbakti kepada ibu bapaknya, maka kebahagiaanlah buatnya, dan Allah akan memanjangkan umurnya," (HR. Abu Ya'ala, at-Tabrani, al-Asybahani dan al-Hakim).

Dikuatkan lagi mendoakan kedua orang tua kita menjadi sebab mengalirnya rezeki, berdasarkan sabda Nabi SAW: "Apabila hamba itu meninggalkan berdoa kepada kedua orang tuanya, niscaya terputuslah rezeki (Allah) daripadanya. "(Riwayat al-Hakim dan ad-Dailami).

MENOLONG SESAMA

Tak hanya berbuat baik pada kedua orang tua, menolong orang lain yang membutuhkan pun menjadi penyebab mudahnya rezeki kita. Sabda Nabi Muhammad SAW: "Tidaklah kamu diberi pertolongan dan diberi rezeki, melainkan karena orang-orang lemah di kalangan kamu." (HR. Bukhari).

Mudah-mudahan kita dimudahkan untuk ibadah dengan ikhlas dan penuh ridha dari Allah Swt.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0857-4376-2477, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY